Sabtu, 02 Juli 2011 22:25 WIB
SEMARANG--MICOM: Pustakawan Universitas Gadjah Mada, Lasa HS menyatakan pengunjung Perpustakaan Nasional dan Perpustakaan Daerah di seluruh Indonesia relatif rendah.
"Tampaknya membaca dan akses informasi belum dirasakan sebagai kebutuhan sehari-hari. Hanya 10 hingga 20 persen dari jumlah pengunjung yang datang meminjam buku," katanya usai mengisi acara "Seminar Peran Perpustakaan dalam Menigkatkan Mutu Pendidikan", di Semarang, Sabtu (2/7).
Ia mengatakan, hal tersebut dipengaruhi oleh budaya mendengarkan, menonton, serta berbicara yang masih kental dalam masyarakat Indonesia. "Masyarakat Indonesia lebih suka bercerita dibandingkan dengan membaca, gejala ini tidak lepas dari kebiasaan masa lalu di mana tradisi lisan masih menguasai Indonesia," katanya.
Ia juga menyayangkan banyaknya jumlah tenaga pendidikan baik guru maupun dosen yang belum memanfaatkan perpustakaan secara optimal. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di beberapa daerah di Jawa Tengah, hanya 4,6 persen guru yang memanfaatkan fasilitas perpustakaan daerah, 58,5 persen tidak pernah memanfaatkan perpustakaan, dan sisanya jarang.
"Kurangnya kesadaran pemanfaatan perpustakaan oleh masyarakat umum masih bisa dipahami, namun jika dilakukan oleh tenaga pendidikan menjadi suatu keprihatinan tersendiri," katanya.
Maka dari itu, ia mengatakan perlunya pengelolaan perpustakaan secara profesional dalam upaya sosialisasi pemanfaatannya kepada masyarakat. "Hal itu untuk mendorong terciptanya masyarakat agar "melek" informasi serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat," katanya. (Ant/OL-04)
(sumber : Media Indonesia)
Tuesday, 5 July 2011
Total Pageviews
Popular Posts
-
SALINAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 25 TAHUN 2008 TENTANG STANDAR TENAGA PERPUSTAKAAN SEKOLAH/MADRASA...
-
Ringkasan Materi Seminar “KERJASAMA PUSTAKAWAN, GURU, DAN SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI” Oleh : Sri Rohyanti Zulaikh...
-
Seminar dan Musda ATPUSI DIY Tema : "Berorganisasi bagian dari mengasah diri untuk berprestasi" Narasumber : Arsidi, SIP., MI...
0 komentar:
Post a Comment