Wednesday, 27 October 2010

ATPUSI DIY GELAR PELATIHAN DAN SEMINAR LITERASI INFORMASI

Perkembangan media dan teknologi informasi yang penuh dengan inovasi membuat informasi menjadi semakin mudah dibuat dan disebarkan. Sejak bangun hingga tidur kembali, masyarakat dibombardir dengan berbagai sajian informasi dalam berbagai format baik disengaja atau tidak.

Dalam bukunya Megatrends, John Naisbit (1982) mengatakan bahwa “lebih dari 6000 artikel ilmiah ditulis setiap hari, dan informasi berlipat ganda setiap 5,5 tahun”. Sejalan dengan itu, perkembangan teknologi informasi membuat orang menjadi semakin cepat dalam mengakses informasi dalam berbagai format. Masalah muncul ketika kualitas dari informasi tersebut dipertanyakan.

Samuel Eberson dalam jurnal Computer-Mediated Comunication (September 2000) mengatakan bahwa dari 500 website yang digunakan sebuah sekolah untuk riset, hanya 27% yang informasinya akurat untuk riset akademis. Hal ini memperlihatkan bahwa banyak dan cepatnya informasi belum tentu didukung oleh kualitas informasi tersebut. Sebagai lembaga pendidikan, sekolah tentu tidak dapat diam menghadapi permasalahan ini. Perkembangan teknologi informasi telah mengubah paradigma siswa tentang belajar.
Sebagai pusat sumber informasi di sekolah, perpustakaan pun harus ikut terlibat dalam perubahan yang sedang terjadi ini. Perpustakaan mempunyai peran sebagai gawang informasi di sekolah yang melakukan penyeleksian dan pengevaluasian informasi. Untuk itu perpustakaan pun meski memiliki program berkaitan dengan keahlian dalam memecahkan masalah informasi bagi siswa. Dengan bekerjasama dengan guru, pustakawan dapat memaksimalkan perannya serta membantu pengajaran di era informasi ini.
ATPUSI (Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia) Provinsi DIY sebagai lembaga pengembangan kepustakawan sekolah khususnya Tenaga Perpustakaan sekolah yang berfokus pada pengembangan kompetensi pustakawan, penyebarluasan informasi, dan partisipasi berbagai pihak dalam peningkatan kualitas tenaga perpustakaan sekolah di Indonesia, bermaksud mengadakan Pelatihan dan seminar dengan tema “ Bangkitnya Pustakawan/Tenaga Perpustakaan sekolah menuju eLibrary dan eLiteracy “ untuk mengupas tuntas mengenai strategi, optimalisasi dan Urgensi Literasi Informasi dan Pengembangan Layanan Digital Library sebagai bentuk pembelajaran bagi siswa di era informasi ini. Dengan pelatihan dan seminar ini diharapkan menambah kompetensi pustakawan/tenaga perpustakaan sekolah di Yogyakarta.
Adapun Kegiatan ini dikemas dalam 2 kegiatan Pertama akan diselenggarakan Pelatihan Literasi Informasi bagi Pengurus ATPUSI yang akan digelar sabtu, 30 Oktober 2010 di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dan kedua adalah Seminar yang akan diadakan pada Sabtu, 13 november 2010 di Kantor Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Yogyakarta. Narasumber yang akan berbicara antara lain Umi Proboyekti, S.Kom, M.Lis (Kepala Perpustakaan UDKW Yogyakarta), Sri Rohyanti, S.Ag, SIP, M.Si (Dosen Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah. Seminar ini bisa diikuti oleh seluruh anggota ATPUSI dan pustakawan/tenaga perpustakaan sekolah. Info lengkap pendaftaran dapat menghubungi Muttaqin HP.085643439303 / Arsidi Telp.02746614412 atau email atpusidiy@gmail.com Pendaftaran paling lambat tanggal 11 November 2010. salam pustakawan!!!
Share:

0 komentar:

Post a comment