Tuesday, 4 November 2014

Musyawarah Daerah I ATPUSI DIY Berjalan Lancar



Pada tanggal 21 tepatnya hari Selasa telah terselenggara rangkaian acara seminar dan Musyawarah Daerah I ATPUSI DIY yang berlangsung di Kantor Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah, acara diawali dengan Seminar dengan menghadirkan Narasumber Ibu Labibah Zain,M.Lis dari UIN Sunan kalijaga dan Bapak Muhammad Sulhan, M.Msi dari dosen fakultas Fisipol UGM.



Acara ini dihadiri sekitar 100 peserta dari anggota ATPUSI dan pengurus ATPUSI tingkat kabupaten di seluruh DIY. Acara berlangsung sangat sederhana namun peserta sangat antusias mengikutinya hingga acara selesai. Dalam kegiatan tersebut peserta menerima materi tentang Sinergi antara guru dan pustakawan dalam meng implementasikan pembelajaran kurikulum 2013 yang sarat dengan kompetensi yg harus dimiliki guru dan pustakawan agar pelaksanaan -pembelajaran tepat sesuai dengan cita-cita dan tujuan pemerintah.



Dalam acara tersebut peserta sanagat aktif dalam mengikuti seminar, terlihat dari jumlah audiens yang memberikan feedback berupa pertanyaan kepada narasumber. Acara seminar dipandu oleh Ibu Anna dari SD Muhammadiyah Sapen, yang dengan cekatan dan sigap membawakan dan mengantarkan seminar hingga selesai. Tepat pukul 12.00 WIB seminar diakhiri dengan beberapa kesimpulan yang dibacakan moderator.



Setelah Ishoma, acara MUSDA digelar, dipilihlah pimpinan Sidang yang semua secara aklamasi menunjuk Bpk. Agus Subagyo sebagai pimpinan dan sekretaris Ibu Rita Susanti, sesuai skenario dari panitia sehingga tidak berlarut dalam acara ini, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tatib sidang. rancangan yang dibacakan 90% diterima oleh peserta sidang yang ditambahkan dengan beberapa perbaikan dan akhirnya tatib sidang disahkan, kemudian acara selanjutnya mendengarkan pembacaan LPJ dari sang ketua ATPUSI Bpk. Arsidi, M.IP yang dengan serius namun terkesan santai juga diselingi beberapa humor dan joke, sehingga membuat peserta tidak merasa kalau 30 menit berjalan mendengarkan LPJ setebal 30 halaman. di akhir pembacaan LPJ Pak Arsidi menyampaikan untuk tidak dipilih kembali sebagai ketua dengan alasan agar ada regenerasi kepemimpinan selanjutnya, dan tidak ada kultus terhadap jabatan ketua. secara aklamasi LPJ ATPUSI 2010-2014 dinyatakan diterima tanpa catatan oleh pimpinan Sidang. para hadirin bertepuk tangan meriah menyambut baik apa yang disampaikan ketua ATPUSI...






Tanpa jeda dan istirahat, pimpinan sidang melanjutkan agenda Musda yakni pemilihan pengurus ATPUSI Periode 2014-2018 yg diawali dengan memilih kandidat calon ketua, akhirnya secara mufakat dan musyawarah dipilih 5 kandidat : 
  1. Agus Subagyo (SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta)
  2. Teguh Prasetyo Utomo (SMP IT Abu Bakar Yogyakarta)
  3. Maryanto (SMPN 6 Yogyakarta)
  4. Sarjoko (SMPN 15 Yogyakarta)
  5. Subhi Walthono
yang masing-masing menyampaikan Visi dan Misinya ketika dipilih menjadi ketua ATPUSI, luar biasa sekali dalam waktu singkat dan tanpa persiapan mereka semua mampu menyampaikan Visi walaupun tidak dengan ambisi ingin menjadi ketua, pemandangan yang sangat menyenangkan dari teman-teman ini. Pokoknya di luar dugaan saya.



Setelah selesai penyampaian Visi dan misi audiens menilai dari ke-4 calon dan mereka sepakat bahwa ketua dimandatkan kepada Agus Subagyo yang dari sisi senior lebih lama berkecimpung di dunia perpustakaan, karena sejak tahun 2004 aktif di IPI dan sejak 2010 aktif sebagai ketua ATPUSI Kota Yogyakarta. Setelah terpilih ketua, kemudian waktu diserahkan kepada ketua terpilih untuk melengkapi kepengurusan.



Acara ini dihadiri juga dari perwakilan ATPUSI Pusat yakni mas Nurhalim Sumirat, sempat memberikan masukan dan arahan dalam acara tersebut. Sekaligus mengukuhkan Bpk Agus Subagyo sebagai ketua ATPUSI DIY periode 2014-2018 ke depan.

Semoga ATPUSI makin jaya.

Salam,

Admin/Ars
Share:

0 komentar:

Post a comment