Friday, 22 January 2010

Hebat! Rp 56 Miliar untuk Perpustakaan Sekolah

Jumat, 15 Januari 2010 | 13:06 WIB


SLEMAN, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, mengucurkan dana Rp 56 miliar pada tahun ini untuk membangun perpustakaan di tingkat SD dan SMP. Jumlah perpustakaan, khususnya di tingkat SD, masih sangat minim dan tidak memenuhi standar pelayanan minimal sekolah.
"Dana itu diperoleh dari kucuran Dana Alokasi Khusus pemerintah pusat. Saat ini kami telah menerima proposal dari sekolah-sekolah dan tengah memverifikasinya," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Sleman Suyamsih, ketika ditemui, Jumat (15/1/2010).
Perpustakaan menjadi sasaran pembiayaan DAK itu karena baru 22 SD dari 500 SD di Sleman yang memiliki ruang perpustakaan yang layak dan sesuai standar. Adapun untuk SMP, selain diperuntukkan bagi pembangunan perpustakaan, juga dibolehkan untuk merehabilitasi gedung sekolah, laboratorium, dan alat-alat penunjangnya.
Saat ini, telah masuk proposal dari 130 SD dan 75 SMP untuk proyek tersebut. Setiap sekolah nantinya akan memeroleh dana berkisar Rp 180 juta-Rp 280 juta. "Realisasi dana kepada sekolah yang telah diverifikasi masih harus menunggu pedoman pelaksanaan dari pemerintah pusat. Kami harap paling lambat awal Februari ini sudah bisa turun," kata Suyamsih.
Laporan wartawan KOMPAS Mohamad Final Daeng
Share:

0 komentar:

Post a comment